"Komunitas Penggiat Sejarah Perjuangan Bangsa dan Sahabat Para pejuang Indonesia"

" Selamat Datang di Website Komunitas Cinta Pejuang Indonesia (KCPI)"

SISINGAMANGARAJA XII (1849-1907)

Patuan Bosar Ompu Pulo Batu yang dikenal dengan nama Sisingamangaraja XII Jahir di BakkaraTapanuli Utara tahun 1849. Selain raja ia pun menjadi kepala adat sekaligus pemimpin agama yang disebut Parmalim. 

Rakyat suku Batak mempunyai kenyakinan bahwa raja Sisingamangaraja memiliki kesaktian dan sangat berpengaruh. Seringnya Raja Sisingamangaraja melakukan perjalanan ke pelosok-pelosok menjadikan dirinya dikagumi. 

Selain sebagai pengayoman di tengah-tengah masyarakat Batak, ia dikenal juga sebagai pemimpin yang menentang kolonialisme. Sejak Belanda menduduki tanah Batak dan menempatkan kontrolir di Balige, Tarutung, Sipoholon dan tempat-tempat lain Sisingamangaraja sangat marah. 

Pada tahun 1878 ia melancarkan serangan terhadap pos-pos Belanda yang berada di Tarutung, Balige dan Bakkara dan pada tahun 1884 Sisingamangaraja melancarkan serangan ke daerah Tangga Batu. 

Dalam setiap serangan pasukan Sisingamangaraja XII selalu dapat meloloskan diri.

Pada 17 Juni 1907 Belanda mengetahui tempat persembunyian Sisingamangaraja XII, tempat itu dikepung. Terjadilah pertempuran sengit dan gugurlah Sisingamangaraja. 

Beliau meninggal setelah 30 tahun mengobarkan Perang Batak untuk mengusir Belanda. 

Share:

Komunitas Cinta Pejuang Indonmesia (KCPI)

Tentang kami

Selamat datang di Komunitas Cinta Pejuang Indonesia (KCPI) Salam KCPI... Komunitas Cinta Pejuang Indonesia (KCPI) mulai ada sejak ta...

Profil KCPI

Profil Founder KCPI

Video Profil KCPI

Postingan Populer KCPI

Pengikut KCPI