"Komunitas Penggiat Sejarah Perjuangan Bangsa dan Sahabat Para pejuang Indonesia"

" Selamat Datang di Website Komunitas Cinta Pejuang Indonesia (KCPI)"

MARTHA KHRISTINA TIAHAHU (± 1800-1818)

Martha Khristina Tiahahu lahir kurang lebih tahun 1800 di Nusa Laut Kepulauan Maluku. Ia anak sulung Kapitan Paulus Tiahahu. Umurnya masih 17 tahun ketika mengikuti ayahnya Kapitan Paulus Tiahahu memberontak melawan kekuasaan Belanda. 

Gadis belia ini selalu menyandang bedil mendampingi ayahnya berjuang di Nusa Laut. Dengan suatu tipu muslihat Belanda berhasil memasuki benteng Beverdijk pada lO November 1817. Mereka menangkap beberapa orang/tentara termasuk Kapitan Paulus Tiahahu dan dijatuhi hukurnan mati pada 17 November 1817. 

Setelah ayahnya meninggal, Martha Khristina Tiahahu meneruskan perjuangan dan masuk dalarn hutan. Ia berusaha mengumpulkan pasukan dan menyusun kekuatan baru.

Usaha terse but berhasil diketahui Belanda sehingga Martha Khristina ditangkap bersarna 39 orang lainnya. Ia diangkut ke Pulau Jawa sebagai pekerja paksa di perkebunan kopi. 

Dalarn perjalanan ke Pulau Jawa, diatas kapal Martha Khristina Tiahahu tidak mau bicara, makan, maupun minum. Sejak saat itu kondisinya semakin lemah dan 2 Januari 1818 ia menghembuskan nafasnya yang terakhir. Jenazahnya terkubur dalam pelukan ombak laut P. Nuru dan P. Tiga. 
Share:

Komunitas Cinta Pejuang Indonmesia (KCPI)

Tentang kami

Selamat datang di Komunitas Cinta Pejuang Indonesia (KCPI) Salam KCPI... Komunitas Cinta Pejuang Indonesia (KCPI) mulai ada sejak ta...

Profil KCPI

Profil Founder KCPI

Video Profil KCPI

Postingan Populer KCPI

Pengikut KCPI